Hari ini

Budidaya Buah Tomat Yang Merah dan Besar

Buah tomat adalah buah yang banyak di jadikan salah satu bahan masakan seperti sup, membuat juice dan masih banyak juga lainnya. Budidaya buah tomat tidak terlalu sulit karena untuk memulai sampai menghasilkan buah tidak terlalu memakan banyak waktu dan pastinya tidak terlalu makan biaya yang cukup banyak. Membudidayakan buah tomat anda hanya membutuhkan lahan dan tanah yang bagus dan pastinya dengan daerah yang sejuk agar budidaya buah tomat anda bisa menghasilakn buah yang merah dan besar.
Budidaya buah tomat yang merah dan besar
Untuk memulai budidaya buah tomat anda harus mengikuti tahap demi tahap agar bisa menghasilkan buah yang bagus. Dan berikut tahap-tahap yang akan kami bagikan kepada anda.
  1. Penyiapan lahan
    Anda harus bisa mencari lahan yang bagus untuk memulai budidaya buah tomat, usahakan lahan yang anda cari tersebut tidak bekas tanaman lain sepeti tanaman buah timun, jagung dan tanaman yang lainnya agar pohon tomat bisa memberikan hasil yang bagus. Bedeng dengan lebar 100 - 110 cm, tinggi 40 - 50 cm dan cara dari antara bedeng atau tempat penanam sekitar 50 - 60 cm. Pupuk kandang dari setiap bedeng sebanyak 10 ton / ha yang langsung di campur dengan tanah hitam secara merata. Setalah pupuk sudah di campur dengan tanah selanjutnya semprot permukaan tanah dengan larutan pupuk hayati MiG-6PLUS dengan dosis larutan pupuk per hektarnya, biarkan selama 3 hari agar bisa di tanami bibit tomat nantinya.
  2. Pembibitan
    Pasti anda harus mencari bibit tomat unggulan agar hasilnya bagus. Anda bisa mencarinya di tempat budidaya. Anda bisa langsung menanam ke bedeng yang sudah di persiapkan selama 3 hari tersebut di setiap bedeng isi dengan 2-3 bibit tomat dan tunggu sampai terlihat kecamba dari pohon tomat. Setalah kecambah dari pohon tomat terlihat sering;ah siram 2 kali sehari agar kecambah biar cepat berkembang menjadi pohon.
  3. Pemeliharan
    Agar pohon dapat berkembang dengan cepat dan pastinya dapat menghasilkan buah yang bagus anda harus melakukan pemeliharaan yang ekstra dan berikut tahap pemeliharaan yang akan kami bagikan.
    1. Pemupukan MiG-6PLUS
      Memberikan pupuk secara rutin akan memberikan yang bagus terhadap pohon tomat. Pengulangan pemberian pupuk hayati MiG-6PLUS setiap 3 minggu sekalidengan dosis 2 liter perhektarnya.
    2. Pemupukan Kimia
      Banyak sekali pupuk yang anda kenal, tapi untuk pohon tomat sendiri anda harus memberikan pupuk ZA, pupuk TSP, dan pupuk KCI di berikan 2 kali, yaitu 7-10 hari setelah tanaman berusia 35 hari. Untuk dosisnya sendiri bisa berbeda-beda tergantung kwalitas tanah.
    3. Pemasangan mulsa plastik hitam perak ( MPHP )
      Banyak sekali keuntungan jika anda menerapkan tahap ini terhadap tanah seperti.
      a. Mengurangi kerusakan erosi tanah terhadap hujan
      b. Mengurangi fluktuasi suhu tanah
      c. Mengurangi evaporasi tanah
      d. Menekan pertumbuhan gulma
      e. Mengurangi pencucian hara terutama nitrogen.
    4. Pemasangan turus
      Maksudnya adalah agar tanaman bisa tumbuh secara tegak dan tidak tumbang agar buah tidak bersentuhan dengan tanah yang mengakibatkan buah bisa busuk.
    5. Pemangkasan
      Cara ini untuk mengoptimalkan 1 cabang dari pohon tomat agar bisa mendapatkan hasil buah tomat yang lebih besar.
     
  4. Panen
    Panen pertama dilakukan saat pohon tomat sudah berumur 3 bulan dan pilih buah tomat yang sudah tua dan jangan memetik buah yang masih berair karena akan menyebabkan buah tomat cepat busuk saat di jual.
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan semoga dengan adanya informasi budidaya buah tomat yang merah dan besar ini bisa membuat anda tertarik ingin mencoba untuk membudidayakannya sendiri buah tomat. Silahkan kembali lagi di peluang usaha terbaru atau anda bisa melihat informasi lainnya disini cara mudah membudidayakan buah mangga manis. Sekian dan terima kasih

2 Responses to "Budidaya Buah Tomat Yang Merah dan Besar"

  1. Ternyata budidaya buah tomat tidak sepayah yang saya kira., Jadi niat untuk budidaya di rumah walaupun kecil-kecilan.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, tidak sulit juga untuk membudidayakan buah tomat kok mas, silahkan di coba :)

      Delete