Monday, March 17, 2014

Cara Mudah Membudidayakan Buah Alpukat Agar Bisa Berbuah Banyak

Buah alpukat sangat baik dan mudah untuk di budidayakan dan ternyata pohon alpukat dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran renda asalkan iklan dan kwalitas tanah bagus. Banyak sekali ke untungan yang bisa anda dapatkan dari membudidayakan buah alpukat karena buah ini sangat banyak yang menyukai dengan rasa nya yang manis jika sudah diolah menjadi olahan seperti membuat jus. Banyak juga yang harus anda pelajari sebelum memulai budidaya buah aplukat, faktor utamanya adalah cuaca atau kondisi daerah dan faktor tanah. Pada kesempatan kali ini peluang usaha terbaru akan berbagi tips untuk membudidayakan buah alpukat agar bisa berbuah banyak.
cara mudah membudidayakan buah alpukat
Dan berikut faktor dan tipsnya.
1. Faktor tanah
Kondisini tanah yang tidak bagus sangat berdampak sekali untuk pohon alpukat, karena pohon alpukat merupakan akar serabut. Dengan akar yang serabut sangat tidak cocok di tanah yang keras, tanah yang sangat baik atau cocok untuk pohon alpukat adalah tanah remah dan tanah lempung pasir. Kondisi dengan tanah yang sering di airi olah air hujan pohon alpukat masih bisa tumbuh kokoh dan baik. Pasti dengan kondisi tanah hitam dan mengandung humus atau bahan organis sangat membantu perkembangan pohon alpukat dan membuat hasil buah yang sangat baik. Bukan hanya untuk pohon alpukat tapi untuk setiap pohon lainnya.

2.  Pemilihan bibit atau biji
Bibit buah alpukat bisa anda pastinya bisa anda temukan di buahnya. Utamakan bibit dari buah alpukat yang bagus dan masak, agar hasil buah setelah di panen bisa sangat bagus dan baik.

3. Penanaman bibit atau biji
Tanah yang sudah siap untuk peletakan biji buah alpukat harus di lubangi sekitar 30 x 30 x 30 cm setalah lubang di tanah sudah siap tinggal masukkan biji alpukat dan tutup kembali dengan pupuk kompos dan pupuk kandang lalu di tambah dengan tanah hitam yang bagus. Setalah lubang sudah di tutup sebaiknya langsung di kasih air agar tanah langsung menyerap kebawah dan membuat biji menjadi padat agar tidak busuk.

Ingat sebelum bibit di masukkan ke dalam lubang tadi terlebih dahulu buah kulit luar atau kulit arinya. Masukkan biji ke dalam tanah tetapi hadapkan bagian runcing biji ke atas dengan ukuran 5-7 cm di bawah permukaan tanah. Agar biji tidak mengalami gangguan sebaiknya ditutupi dengan dedaunan yang lebar seperti daun pisang.

4. Pemupukan
Pupuk yang bagus untuk pohon alpukat yang berusia 5 tahun adalah sebagai berikut :
1. Pupuk ZA sebanyak 56 sampai 280kg untuk satu hektar lahan
2. Pupuk ZK sebanyak 22 sampai 112kg untuk satu hektar lahan
3. Pupuk DS sebanyak 60 sampai 280kg untuk satu hektar lahan

Pupuk yang bagus untuk pohon alpukat yang berumur lebih dari 5 tahun adalah sebagi berikut :
1. Pupuk ZA sebanyak  450 sampai 900kg untuk satu hektar lahan
2. Pupuk ZK sebanyak 225 sampai 335kg untuk satu hektar lahan
3. Pupuk DS sebanyak 200 sampai 400kg untuk satu hektar lahan

5. Masa panen
Untuk masa panen pohon alpukat tergantung dari setiap musim dan jenis alpukatnya sendiri. Ketika sudah saatnya masa panen bisa sangat menguntungkan karena setiap harinya pohon alpukat bisa berbuah.

Demikianlah informasi budidaya yang dapat kami sampaikan tentang cara mudah membudidayakan buah alpukat. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membuat anda tertarik ingin mencoba untuk membudidayakannya sendiri. Silahkan kembali lagi di peluang usaha terbaru atau anda bisa melihat budidaya lainnya disini Budidaya buah tomat. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon