Kerajinan Tangan Kertas Baru Dari Kertas Bekas

Kertas merupakan tempat untuk membuat sebuah karia tangan kita dan banyak juga kegunaan dari kertas. Kertas sendiri di olah dari pohon yang di ambil seratnya, tidak sembarang pohon yang bisa dijadikan menjadi kertas. Untuk peluang usaha kertaspun cukup banyak yang menggeluti karena cara pemmbuatannya sangat mudah dan tidak mamakan banyak waktu ataupun biaya yang mahal. Setelah anda sudah mengetahui cara pembuatan kertas olahan dan jika ingin menjualnya seharusnya anda olah kembali atau bisa di bilang di percantik agar pembeli tertarik ingin membelinya dan pastinya harga jualnyapun bisa di anggap sesuai dan memuaskan.
kerajinan tangan kertas baru dari kertas bekas
Olahan dari kertas sangat banyak yang membuatnya, terutama untuk pelajaran sekolah. Ada juga beberapa sekolah yang menyuruh membuat kerajinan tangan untuk muridnya, agar muridnya bisa menjadi kreatif. Pada kesempatan kali ini peluang usaha terbaru akan memberi tips untuk anda tentang cara membuat olahan kertas bekas.


Alat yang dibutuhkan :
  1. Kain bekas
  2. Blander
  3. Baskom
  4. Busa
  5. Cetakan
  6. Screen tanpa kasa
Bahan - bahan :
  • Kertas yang tidak mengandung minyak atau plastic seperti kertas kalender
  • Pewarna alami untuk membuat warna di kertas
Cara pembuatan :
  1. Kertas bekas yang sudah di persiapkan di koyak kecil - kecil, setelah kertas di koyak kecil - kecil di letakkan kedalam embar dan disini air lalu tunggu lebih kurang 2 hari atau jika ingin cepat anda bisa merebusnya intinya sampai kertas menjadi lembek. Cara ini agar membuat kertas menjadi lembek dan memisahkan kertas dengan tintanya.
  2. Kemudian kertas yang sudah lembek tadi sebaiknya di blander agar menjadi lebur dan bisa di bentuk menjadi kertas baru.
  3. Kertas yang sudah lebur tadi masukkan kedalam embar atau baskom yang sudah di beri air bresih. Setiap 250 gram bubur kertas membutuhkan lebih kurang 5 liter air bersih tergantung dari ketebalan kertas yang anda kerjakan.
  4. Anda bisa mempercantik kertas dengan memberik pewarna yang sudah di persiapkan tadi. Jika ingin membuat warna - warni pisahkan dari setiap kertas yang ingin di buat berwarna.
  5. Persiapkan cetakan tadi, lalu screen bagian atas yang sudah dimasukkan kedalam bak yang sudah tercampur dengan bubuk kertas dan yang sudah di ratakan.
  6. Angkat cetakkan tadi lalu pindahkan ke kain yang bisa menyerap air. Tunggu sampai bubur kertas menjadi kering. Agar bubur kertas cepat kering bisa anda gunakan busa.
  7. Setelah screen tidak mengandung air lagi sudah bisa di angkat dan di keringkan. Jangan meletakkan kertas langsung ke terik matahari yang harus anda lakukan cukup di anginkan saja agar kertas tidak keriput dan menjadi pecah-pecah.
  8. Kertas yang dingin tadi sudah bisa anda strika agar tampilannya tidak keriput dan anda bisa juga menjadikannya sebagai souvenir untuk meraka yang membelinya.
Demikianlah informasi kerajinan tangan yang dapat kami sampaikan semoga dengan adanya kerajinan tangan kertas baru dari kertas bekas ini bisa membuat anda tertarik ingin mencobanya sendiri atau bisa membuat sebagi usaha sampingan bagi anda. Silahkan kembali lagi di peluang usaha terbaru untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Jika anda tertarik ingin melihat informasi lainnya bisa anda lihat disini cara membuat kerajinan jam dinding dari sedotan terima kasih.

    Komentar